AUDIENS MEDIA

05.50 Edit This 0 Comments »
AUDIENS MEDIA

PENGERTIAN
•Scr Sederhana Dpt Diartikan Sbg Sekumpulan Org Yg Mjd Pembaca, pendengar, pemirsa berbagai media atau komponen isinya

•Yang paling penting dlm pengertian ini adl hakekat dualitas audiens

•Audiens mrp kolektivitas yg terbentuk sbg tanggapan atas isi media dan didefinisikan berdasarkan perhatian pd isi

•Atau audiens mrp sesuau yg sdh ada dlm kehidupan sosial dan kemudian ‘dilayani’ oleh provisi media ttt

•Penggemar para penulis, kelompok musik, atau serial televisi mrp audiens, ttp audiens yg tdk mudah dialokasikan mnrt waktu dan tempat & mgkin tdk memiliki eksistensi yg lain sbg kelompok sosial

•Pd ekstrem yg lain, anggota masy kecil mgkn memiliki surat kbr lokalnya sndr yg memenuhi kebutuhan mereka ttp tdk memainkan peran dlm mewujudkan komunitas atau dlm menetapkan batasnya atau dlm menentukan kontinuitasnya.



TIMBULNYA AUDIENS

•Semula audiens adl sekumpulan penonton drama, permainan dan tontonan, yaitu penonton ‘pertunjukkan’ hal yg telah mengambil berbagai bentuk yg tdk serupa dlm peradaban dan tahapan sejarah yg berbeda

•Audiens tlh direncanakan sebelumnya dan ditentukan tempatnya mnrt waktu dan tempat, seringkali dg provisi khusus utk memaksimumkan kualitas “penerimaan”

•Tambahan unsur historis berikutnya adl timbulnya gagasan ttg publik (dari hasil temuan percetakan)---timbul perkembangan “public pembaca” (reading public)

•Mrk benar-benar ikut serta dlm bacaan pribadi dan menyediakan pengikut bg penulis dan aliran ttt (termasuk surat kabar)

•Perkembangan itu menimbulkan pembagian ekonomi yg lebih jelas (yg mgkn telah ada dlm kadar ttt antara yg kaya dan yg miskin serta antara penduduk kota dan pedesaan)

•Kemudian tdpt pembagian publik berdasarkan minat, pendidikan, dan seringkali mnrt aspirasi keagamaan dan politik, serta sbg masy yg mulai mengalami perub. Sosial dan politik pd era cetak



KONSEP ALTERNATIF AUDIENS

•AUDIENS SBG KUMPULAN PENONTON, PEMBACA, PENDENAR, PEMIRSA
•AUDIENS SBG MASSA
•AUDIENS SBG PUBLIK ATAU KELOMPOK SOSIAL
•AUDIENS SBG PASAR


TIPOLOGI FORMASI AUDIENS

•KELOMPOK ATAU PUBLIK
•KELOMPOK KEPUASAN
•KELOMPOK PENGGEMAR ATAU BUDAYA CITA RASA
•AUDIENS MEDIUM


Karakter sosial
pengalaman audiens
•Kandungan kelompok dalam audiens
•Diferensiasi sosial
•Interaksi sosial :
-Pergaulan sosial
-Penggunaan sosial
-Isolasi sosial
-Hubungan media dg pengirim
-Pengendalian normatif


Teori komposisi audiens

•langsung : Penelitian ttg audiens lebih didominasi oleh studi penggunaan waktu dan dampak

•Dua faktor penting yg mempengaruhi adl golongan usia dan sosial (pendidikan dan tingkat pendapatan)

•Krn kedua faktor itu berkaitan erat dg ketersediaan waktu luang dan dana untuk menggunakan media.

•Sementara usia menentukan ketersediaan dan pilihan isi
•Hal lain yg tdk berkaitan jenis kelamin da lokalitas


Teori fungsional

•Scr garis besar teori ini berada dlm pembahasan motivasi anggota audiens dan “penggunaan dan kepuasan media”

•Konsekuensinya, audiens akan cenderung berusaha, apabila tidak memperoleh hal-hal yg mereka ‘butuhkan’, untuk memecahkan masalah atau memaksimumkan kepuasan mereka

•Teori ini berorientasi pada ‘permintaan’
•Tetapi teori ini kemudian diperlemah oleh adanya penemuan bahwa tidak ada hubungan ‘satu demi satu’ antara jenis isi dan fungsi, shg isi yg sama dpt memenuhi beraneka ragam ‘kebutuhan’


Teori fungsional

•Apabila teori fungsional diperluas, maka teori ini akan berdalil bahwa bentuk umum komposisi audiens akan mencerminkan distribusi menyeluruh dari kebutuhan dan fungsi dalm masy. Dan akan mrp pemecahan ‘alamiah’ atau ‘terbaik’ bagi ‘kebutuhan komunikasi’ masy.

•Ada resiko di sini utk berasumsi bahwa apa yg diperoleh audiens adl apa yg diinginkan dan jg apa yg dibutuhkan.


CITRA AUDIENS

•Masalah citra dipengaruhi oleh efektifitas audiens yg dipilih, atau audiens manapun

•Isi dipandang sebagai sebuah bentuk pengaruh atas isi yang tdk langsung dan tdk memadai melalui praktek yg dilakukan sumber media dlm membangun citra audiens atau calon audiens sbg sasaran pesan yg dibentuk

•Menurut Gans (1980), pembuat berita menerima citra audiens yg sangat sesuai dg lingkungan kls menengah mrk sendiri

•Terdpt 4 jenis citra : yg dipentingkan (seperti mereka sendiri), yg tdk dipentingkan, yg ditolak (misalnya kritik intelektual), yang diciptakan (citra apapun yg memenuhi keinginan mereka sendiri)


DAFTAR PUSTAKA
•Mcquail. 2000. Mass Communication Theory. SAGE publication. London
•…..1985. 1996. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Penerbit Erlangga. Jakarta.

0 komentar: